Wilfried Agusman

 

4 Feb, 11:03
Wilfried Agusman
Email Instansi Ditutup oleh Sistem

Yth:/Walikota bekasi, Menpan RB dan MendagriSelamat siang,Sebelumnya saya mohon maaf keluhan ini saya sampaikan agar kita sama-sama berbenah untuk meningkatkan pelayanan di semua lini baik lingkup nasional hingga lingkup terkecil.Saya ada pengalaman terkait pengurusan penambahan anggota keluarga dalam Kartu Keluarga di Kecamatan Bekasi Utara yang menurut saya terlalu lama dan saya harus kembali untuk ke-3 kalinya namun KK tersebut belum juga ada.Awal mulanya anak saya lahir tanggal 16 Desember 2019, sebagai warga negara yang baik saya wajib mendaftarkan dan mengurus administrasi kependudukan ditempat saya tinggal. Saat mengurus akta lahir di kecamatan Bekasi Utara berjalan lancar karena persyaratan untuk membuat KK harus memiliki akta lahir. Saat akta lahir sudah ada saya melanjutkan mengurus penambahan anggota keluarga baru di KK di kecamatan bekasi utara domisili saya tinggal. Saat mengurus KK disana pada awal bulan Januari saya diberikan secarik kertas untuk pengambilan KK saya yang disana tertera dapat diambil tanggal 14 Januari 2020. Dikarenakan saya bertugas disalah satu instansi di daerah Jakarta maka saya memutuskan untuk mengambil KK tersebut tanggal 18 Januari 2020 agar tidak mengganggu jam kerja saya. Saat tanggal 18 Januari saya ke kecamatan Bekasi Utara saya hanya disodorkan draft KK untuk di cek kembali kebenaran dari nama dan keterangan-keterangan yang tercantum di KK. Menurut saya jika dukcapil sudah online dan databasenya baik dari akte lahir dan KK sudah terintegrasi maka kemungkinan kesalahannya sangat kecil. Awalnya saya kira hanya di cek dan dihari itu dapat di print KK yang sudah saya ajukan dari awal bulan Januari. Tapi ternyata informasi dari petugasnya bahwa KK saya belum ada QR code nya jadi saya diminta kembali lagi tanggal 22 Januari. Namun karena hal kedinasan saya baru bisa datang kembali tanggal 1 Februari 2020 dengan harapan di tanggal 1 Februari 2020(10 hari dari tanggal yang diberikan) KK saya sudah selesai. Hari ini sekitar pukul 10.30 saya kembali ke kecamatan Bekasi Utara. Saya bertemu dengan petugasnya lalu memberikan kembali draft KK yang dulu sudah pernah saya cek. Saya langsung mengatakan bahwa di tanggal 18 Januari 2020 sudah pernah di cek. Lalu petugas tersebut masuk ke dalam ruangan dan mengatakan saya kembali lagi tanggal 4 februari 2020 karena KK saya berkas pengajuan KK yang pernah saya ajukan katanya hilang. Disini saya sedikit kecewa dengan pelayanan publik seperti ini. Saya berharap dengan email ini, ASN baik tingkat terkecil hingga terbesar dapat sama-sama memperbaiki pelayanan publik agar masyarakat tidak dirugikan baik waktu maupun materi karen menurut saya pelayanan itu bukan hanya diukur dari kuantitas jam kerja tapi kualitas dan output yang ada. Sebenarnya kecamatan Bekasi Utara sudah bagus dari jam pelayanan dimana saya mendapatkan info bahwa pelayanan di kecamatan hari senin-jumat(hingga pukul 20.00wib) dan sabtu (hingga pukul 12.00wib) namun harus diimbangi dengan kualitas pelayanan yang tidak berbelit-belit dan tepat sasaran(baik orang maupun waktu). Serta adanya standard administrasi yang diberikan baik format maupun SOP nya. Seperti sudah pengambilan berkas yang diberikan kesaya tidak ada kop instansi, petugas hanya menandatangani dan memberikan inisial(bukan nama petugas beserta NIP/NRP nya)Semoga dengan kejadian ini kota bekasi dan Indonesia pada umunya dapat meningkatkan pelayanan publik.Atas perhatian,kerjasama dan pembenahannya kami ucapkan terima kasihSalamReformasiBirokrasiBestRegards,W.A

Laporan Terhangat

DIIKUTI OLEH

KATEGORI POPULER

Nama Kategori Jumlah
Kepegawaian 21,177
Infrastruktur 18,956
Administrasi Kependudukan 17,616
BPJS Kesehatan 15,948
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) 15,129